Tuesday, April 21, 2020

Halo Jenius

Halo Jenius,
Saya seorang karyawan berusia 39 tahun yang bekerja di Balikpapan. Gaji kisaran xxjt dan mempunyai beberapa rencana:
- Rencana jangka pendek tahun depan adalah membeli mobil seharga 300 jt, mobil yg saya pakai saat ini kalo dijual sekitar 130jt. 
- Rencana jangka menengah 2 tahun ke depan akan renovasi rumah dgn biaya kira-kira 300jt.
- Rencana jangka panjang adalah ingin pensiun dini di usia 45 tahun (6 tahun lagi), dengan pasif income 20 juta per bulan saja sudah cukup (untuk tahun 2025). 

Rencana travelling tahun 2020:
- liburan ke Korea bersama istri dan 3 orang anak saya yg berusia 11, 9 dan 4 tahun. 

Mohon menganalisa kesehatan keuangan saya. Apakah keuangan saya saat ini sudah sehat, apakah investasi saya sudah tepat, apakah yg bisa saya lakukan utk asuransi kesehatan dan jiwa saya dan keluarga saat pensiun dini nanti, apakah investasi atau bosnis yg bisa saya pelajari dr sekarang utk mencapai pasif income tersebut di atas? 

Terima kasih atas kesempatannya.
Salam,

Jawabannya:



No comments: