Tuesday, March 27, 2012

Pinggangku Sakit

Ketika aku bbm temenku dokter Doddy aku dikasi resep obat untuk sakit pinggangku seperti berikut:

- Deflamat CR 2xshr, beli 6 biji(penghilang inflamasi)
- Foress (penghilang nyeri)
- Voltarenn Gel (obat gosok penghilang nyeri)

Cerita awal aku sakit pinggang adalah ketika subuh-subuh jam 5 Nana, seperti biasa, tidurnya makin liar. Putar sana putar sini. Sehingga pagi itu aku harus membenarkan posisi tubuhnya dengan mengangkat. Krekkk!! Terasa remuk pinggangku. Sebenarnya bukan di pinggang, lebih tepat di atas pinggang di bawah punggung. Aku meringis kesakitan. Aku sengaja belum ngasi tahu istri.

Karena sakitnya tidak kunjung hilang, hingga pagi istri terbangun aku kasi tau. Aku langsung meluncur menuju tukang pijat urat di Sudha. Nihil. Baru saja keluar kata tetangga depan rumahnya. Aku menuju tukang pijat Bu Sum istri tukang kayu dekat rumahku, tapi Ibu Sum pulang ke Jawa sampai batas yg tak bisa diperkirakan. Aku kembali pulang meringis. Seorang saudara menyarankan pijat di Kediri. Tanpa pikir panjang aku meluncur tapi ternyata massage dan spa, bukan ini yg kucari.

Sudah putus asa aku kembali ke rumah tapi aku berinisiatif mampir di tukang pijat di Sudha. Benar, pak tua tukang pijat sudah datang. Sebelum pulang aku diberi resep beras kencur agar hangat, karena katanya uratku dingin. Mandi harus dengan air hangat.

Pinggangku rasanya sudah mendingan. Aku bisa tidur nyenyak ntar malam. Keesokan hari aku merasa sudah agak enak dan memutuskan mereposisi kasur tempat tidur agar tidak tepat di bawah AC. Aku geser lemari pakaian kecil dan rak dokumen yg malah membuat pinggangku sakit lagi, tak bisa aku gerakkan. Gerak sedikit nyeri.

Lalu karena tidak tahan dan berharap agar bisa mengikuti melasti keesokan harinya, aku minta saran dr. Doddy. Ia memberikan resep seperti di atas. Belum habis aku minum obatnya, rasanya pinggang lebih baikan.

Setelah merenung aku menganalisa sakitku ini. Disamping pemicu akhirnya adalah menggendong Nana, namun menurutku ini adalah akumulasi dari kegiatan-kegiatan yg aku lakukan sebelumnya. Yaitu:

- Ketika ON dulu saya sempat mengangkat Foxboro yg lumayan berat, karena tidak ada teman dan biar cepat.
- Tas ransel bawaan saya commuting cukup berat khususnya jika saya naik ojek dari bandara ke Pandak, bikin punggung pegal. Saya pernah timbang beratnya rata-rata 10 kg.
- Sehari sebelum kejadian, saya sempat mengangkat Aqua galon ke lantai 2. Plus mengganti galon ke dispenser.
- Kemaren paginya aku main ke sawah belakang rumah dengan menggendong Nana. Lumayan juga beban 12.5 kg gendong bolak-balik.
- Baik di laut maupun di rumah kamarku selalu dingin oleh AC. Apalagi di laut selalu disetting 16C.
- Kasur tempat aku tidur di rumah tipis ditambah AC tepat mengarah ke tempat aku tidur. Kadang badanku pegal tak karuan dan punggung agak kurang nyaman ketika bangun pagi.

Akhirnya aku memutuskan untuk mereposisi kasur tempat tidur. Juga akan membawa kasur besar dari Angga Buana agar bisa tidur dengan nyaman. Tidur dengan celana panjang dan jaket. Membeli tas ransel yg ada rollingnya. Mengikuti SOP yg benar ketika bekerja.

No comments: