Monday, March 26, 2012

Reksadana-ku Kini

Sejak membeli reksadana tanggal 4 Oktober 2011 melalui Commonwealth Bank hingga kini dana berkembang cukup signifikan, lebih dari 25% keuntungannya. Kedua reksadana yg saya beli adalah reksadana saham yaitu Batavia Dana Saham Agro dan Schroder Dana Istimewa.

Pada awalnya saya membeli harga per unit untuk BDSA adalah 721 sedangkan SDI senilai 4174. Hingga kemaren tanggal 26 Maret 2012 saya mendapati nilai 918 untuk BSDA atau naik 27%, sedangkan SDI senilai 5259 atau keuntungannya sudah mendekati 26%.

Saya biasa mengamati nilai per point melalui website simple www.infovesta.com atau melihat IHSG terkini lewat Yahoo dengan mengetik JKSE. Bisa juga melalui finance.detik.com. Sejak membeli memang tidak selalu naik, kadang naik kadang turun. Namun tren-nya adalah cenderung naik. Tidak salah saya memilih 2 produk reksadana saham ini sesuai saran dari financial advisor-nya Commonwealth.

Hingga kini saya belum berniat menjual atau membeli lagi. Saya anggap ini sebagai permulaan untuk saya belajar reksadana saham selanjutnya atau mungkin main saham sesungguhnya.

No comments: