Wednesday, December 13, 2017

Hikmah Gunung Agung Meletus

Bencana alam, musibah dan penyakit bukanlah kutukan Tuhan, ia adalah fenomena alam utk kembali ke titik seimbang, kompas pemandu yang menuntun arah jalan pulang. 

Gunung Agung meletus mengisyaratkan bahwa Bali benar-benar tergantung dari pariwisata. Bali adalah pariwisata budaya. Jika budayanya punah maka punahlah pariwisata Bali. Sama efeknya dgn gunung Agung meletus. Konon Bali tinggal tersisa satu generasi lagi. Hal ini bisa jadi benar karena generasi-generasi baru ini sudah berbeda cara melaksanakan tradisi. Jika para tetua melaksanakan tradisi dengan sungguh-sungguh dan dari hati, anak-anak muda hanya sekedar melaksanakan kewajiban saja. Jika hal ini tidak ditanggulangi, maka Bali benar-benar akan "musnah" beberapa tahun lagi. 

Sesungguhnya fenomena letusan gunungapi adalah langka. Tidak semua negara punya gunungapi. Indonesia punya 127 gunungapi aktif. Saat meletus dapat dinikmati wisatawan di tempat aman. Turis asing terpesona melihat letusan Gunung Agung. Biarkanlah gunung bekerja, kita menyingkir dulu. 

Menurut situs express.co.uk (home of the daily and sunday express) yang bermarkas di Inggris memuat berita yang sangat sejuk: "Letusan Gunung Agung di tahun 2017 akan membuat bumi semakin sejuk selama lima tahun ke depan". Kesimpulan itu diambil terutama setelah sejumlah pakar meneliti bahan-bahan vulkanik yang dikirimkan oleh Gunung Agung ke ruang angkasa.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan mulai dari menurunnya kunjungan pariwisata ke Bali hingga pembatalan ratusan penerbangan ketika Gunung Agung sedang aktifnya di akhir November ini. BNPB memprediksi kerugian mencapai 5T. Ada 89 ribu batal terbang dari 445 flight . Pengungsi 43ribu lebih menempati berbagai camp pengungsian di berbagai kabupaten di Bali. 

Di samping dampak negatif, ada juga dampak positifnya. Berikut dampak Positif Gunung Meletus Bagi Bisnis dan Perekonomian :
1. Menambah kesuburan kawasan sekitar, sehingga dapat ditumbuhi banyak pepohonan dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian dalam waktu beberapa tahun kedepan
2. Dapat dijadikan objek wisata bagi wisatawan domestic dan wisatawan mancanegara setelah Gunung meletus
3. Hasil erupsi (pasir) dapat dijadikan mata pencaharian seperti penambangan pasir dan karya seni dari endapan lava yang telah dingin.
4. Aktifitas gunung api dapat menghasilkan geothermal atau panas bumi yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari
5. Sisa-sisa aktivitas gunung berapi dapat menghasikan bahan-bahan tambang yang berguna dan bernilai tinggi. Seperti belerang, batu pualam dan lain-lain.
6. Membangkitkan industry semen dan industry yang berkaitan dengan insfrastuktur bisa bangkit, termasuk bisa menyerap banyak tenaga ahli untuk memulihkan infrastruktur dan sector lainnya di kawasan terkena musibah.
7. Terjadinya disribusi keadilan ekonomi, dengan banyaknya sumbangan dari para dermawan.


No comments: