Wednesday, December 27, 2017

Sekolah di Jogja

Beberapa malam yang lalu aku mimpi seolah aku berangkat ke Jogja seperti 18 tahun lalu bersama Jales dan Angkasa. Pertengahan tahun 99 kami bertiga berterkad menimba ilmu di kota gudeg ini. Sore itu kami diantarkan oleh para orang tua kami di terminal Pesiapan Tabanan. Menunggu bis Tami Jaya menuju Jogja. Ini adalah trip pertamaku dalam jarak yang cukup jauh. Bapak memberikan trik pakai celana dobel, saku di celana dalam untuk menyimpan uang. Disamping itu bapak juga membelikan aku sabuk yang di dalamnya ada sakunya, buat simpan uang. 

Setiba di Jogja keesokan paginya, kami dijemput om Sugeng, pamannya Angkasa yang asli Jogja. Kami bertiga diajak tinggal di rumahnya di Minomartani selama beberapa hari sebelum akhirnya ngekos di Jogja Selatan di jalan Sugeng Jeroni, karena kami akan bimbel di Primagama dekat sana. 

Ketika libur kami sering diajak ke rumah Kakeknya Angkasa di Kulon Progo. Peternakan ayamnya yang luas, mempekerjakan banyak pegawai. Hampir setiap hari hari menu makan kami kalo nggak telor ayam ya telor puyuh. 

Beberapa hari di Jogja akhirnya kami mengikuti UMPTN namun tak lulus. Angkasa lulus PMDK di STT Telkom Bandung, sedangkan Jales memilih kembali pulang ke Bali. Aku masih belum dapat sekolah. Bersama Mastawan ngekos di Depok Sleman. Aku mendapat sekolah IST Akprind dan sudah 2 hari opspek ketika kemudian aku dinyatakan lulus di D3 Elins UGM. Langsung saja kuambil meskipun jurusan ini adalah jurusan baru, aku angkatan pertama. Uang pangkal yang sudah dibayarkan di Akprind bisa ditarik sebagian. 

Ceritapun dimulai aku kuliah di UGM. Aku berjumpa sahabat baik pertama kali yaitu DKSB yang begitu baiknya hingga kami lulus. Aku pun sering menginap di rumahnya di Kali Jeruk, Ngemplak, Sleman. Ia sering menjemput aku ketika semester pertama aku belum bawa motor ke Jogja. Aku kos bersama Mastawan dan Dek Cawan di Jl. Kemuning 76 DP III Condong Catur Sleman. Kemudian hari aku pun bekerja di perusahaan dengan angka keramat 76. Tanda-tanda alam memang ada, tergantung seberapa peka kita. 

Masa kuliah pun berlangsung mulus. Seminggu sekali aku menelfon bapak ibu ke rumah Ajik Kayan. Karena jaman itu belum ada handphone dan sangat jarang orang mempunyai telpon rumah. Kuliahku pun rampung dalam waktu 3 tahun dengan IP paling tinggi di kelas dan nomor 2 di angkatan 99. Begitu banyak cerita seru, suka duka di masa kuliah. Masa remaja memang paling menyenangkan meskipun masa itu sebagian besar dari kami jomblo. 

Lalu dengan mantap aku melanjutkan S1 di Teknik Elektro UGM. Pada semester kedua tiba-tiba aku iseng melamar sebuah perusahaan minyak Unocal Indonesia Company di Balikpapan. Tesnya kala itu di Hyatt Jogja. Berbagai tes ku ikuti mulai dari tes tulis, TOEIC, diskusi kelompok, wawancara hingga MCU, dan ternyata aku lolos seleksi. Semula aku tak dikasi kerja oleh bapakku. Tapi kemudian aku pilih cuti kuliah selama setahun dan aku mengikuti on the job training di Balikpapan. 

Masa training pun aku lolos untuk di hire sebagai karyawan Unocal 76. Tanggal 8 Juni 2004 sebanyak lebih dari 50 orang sign kontrak sebagai kuli minyak. Hingga sekarang akhirnya aku sudah bekerja selama lebih dari 13 tahun di Attaka dan West Seno Field. Perjalanan manusia tak ada yang tahu. Tetap mengalir mengikuti arus kehidupan. Terima kasih Tuhan sudah mengantarkan aku pada perjalanan hingga disini. Semoga ke depan aku lebih bail lagi, terus bertumbuh dan berkembang sesuai kemampuan. 

1 comment:

Shakira12 said...

Lanjutan Event BIG MATCH BOLAVITA 2019 masih bersambung di bulan ini yaitu Mei 2019. Berikut ini daftar pertandingan pertandingan yang masuk dalam Event Promo BIG MATCH yang BOLAVITA anggap sah dan dapat Anda ikuti promo ini.

📍 Liga Eropa :
10/5/19 : Valencia vs Arsenal
📍 Liga Jerman :
11/5/19 : RasenBallsport Leipzip vs FC Bayern Munchen
📍 Liga Inggris :
12/5/19 : Liverpool vs Wolverhampton Wanderers
📍 Liga Spanyol :
18/5/19 : Eibar vs Barcelona
📍 Liga Italia :
13/5/19 : AS Roma vs Juventus
19/5/19 : Juventus vs Atalanta
20/5/19 : Napoli vs Inter Milan
26/5/19 : SPAL vs AC Milan
📍 Final Liga Champions :
02/6/19 : Liverpool vs Ajax

Agen BOLAVITA menyediakan promo yaitu BONUS KEMENANGAN TAMBAHAN 20% untuk Anda yang memasang taruhan pertandingan BIG MATCH yang sudah di tentukan oleh Agen BOLAVITA di pertandingan besar.

Dukung tim jagoan Anda bersama kami di http://159.89.197.59/ !!

Maksimal bonus yang akan diberikan sebesar Rp 1.000.000,-

Daftar, main dan dukung tim jagoan Anda sekarang juga untuk mendapatkan Bonus Kemenangan Big Match dari BOLAVITA.

Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
BBM : BOLAVITA / D8C363CA
Whatsapp : +62812-2222-995
Livechat 24 Jam