Monday, December 18, 2017

Training BFF di Santan

Senin 27 November jam delapan malam kami berlalu menuju Santan dengan boat perkutut yang berjalan pelan. Kami berenam menginap di housing 7 dan aku di kamar 6. Ada Sapto dan Memey juga yang sedang kerja di Machine Shop.

Esok paginya Selasa 28 Nov, matahari bersinar begitu cerahnya. Burung berkicau dengan merdu. Sarapan yang begitu menenangkan. Dua orang pekerja sedang membersihkan kandang burung di depan housing 7. Jam 8 aku, Ganz, Yasin, Mustakim, Purwo dan Yusuf mulai training Basic Fire Fighting dengan semangat. Sudah beberapa tahun ini aku tak ikut training di Santan.

Seorang guru dengan rambut putih pensiunan Pertamina berdiri bersahabat di depan kami. Pre dan post test kami lakukan dengan soal mirip training sebelumnya. Jam 11 kami sudah mulai praktek dan berakhir jam 12 tepat. Kami dijamu camp boss Aziz di ruangan khusus dengan masakan spesial. Aku sampai 3 kali nambah saking nikmatnya makan siang itu.

Jam 1 siang kami berempat berangkat menuju Balikpapan. Ganz dan Purwo berhenti di Samarinda sementara aku dan Yasin lanjut hingga Balikpapan. Jam 18.30 kami tiba dengan selamat dan menginap di Esai. Malamnya hujan turun dengan lebat disertai petir bersahutan, di sela aku kebingungan mau naik apa pulang karena Ngurai Rai tutup karena Gunung Agung meletus. Pesawat tak bisa terbang, jalur kereta pun terendam air. Lengkap sudah "bencana nasional" ini.