Monday, January 02, 2012

Ke Balikpapan di Awal Januari

Rencana menutup account ini saya urungkan. Pasalnya ternyata nama blog bisa diubah. Mulai awal Januari 2012 blog ini saya ubah menjadi gedeasetiawan.blogspot.com sedangkan blog gedeasetiawan.blogspot.com saya ubah menjadi gaussian.blogspot.com berisi galery foto saya.

Hari ini saya naik ke Attaka, sehari lebih awal karena off kemaren harus merayakan upacara 42 hari Citta. Upacara sederhana itu dihadiri oleh 20-an orang keluarga dekat saja.

Off kemaren bertepatan dengan liburan sekolah, jadi banyak waktu main dengan adik-adikku: Tiwi, Wanda, dan Iin main ke kampung halaman selama 3 hari. Tiwi aku kasi hadiah MP3 player karena dapat ranking 1. Wanda kukasi HP djadoel 3250 yang masih bagus dan yg paling penting: dia suka. Sedangkan Iin dikasi setumpuk pakaian oleh Indah.

Seperti biasa, jika off aku mengasuh Nana dari pagi hingga malam ia tertidur. Kadang aku ajak ke sawah belakang rumah ditemani 11-16mm dengan distorsi gila-gilaan, tapi asyik. Kadang aku ajak naik mobil ke Hardy's buat belanja bulanan. Kadang pula kami sepedaan di seputar rumah. Pas Natal, aku, Nana, Iin sepedaan melewati Nyitdah, Kebilbil, Ulun Desa dan balik ke Pandak. Karena belum sarapan kakiku gemetar.

Suatu hari saat Iin masih ada di Pandak, kami mengajak Nana ke Alas Kedaton dan Taman Kupu-kupu di Penebel bersama Wanda dan Tiwi. Cerita lengkap dan foto-fotonya ada di ranacitta.wordpress.com.

Menyambut tahun baru 2012, kami mengadakan barbeque party kecil-kecilan di halaman rumah kami. Ikan kakap merah seharga 35 ribu/kg sebanyak sekitar 7 kiloan kami bakar dan sebagian digoreng. Meman, Meadek membuat bumbu dibantu Mbak Kristin, Dek Ta dan Tiwi. Sedangkan Pakde dan aku membersihkan ikan. Paktut menyiapkan panggangan ikan. Wanda menemani dik Nana. Dek Uda juga hadir dengan mercon lemparnya yg bersuara menusuk telinga. Malamnya kami nyalakan kembang api, Nana riang gembira.

Pada tahun baru aku dan Nana sepedaan seputar rumah, dilanjutkan naik motor ke Nyitdah. Ketika pulang topi kupu-kupu Nana jatuh entah dimana. Ia nangis merasa kehilangan. Ibunya menenangkan dan menjanjikan akan membelikan lagi.

Akhirnya, pada tanggal 2 Januari aku kembali ke Balikpapan via Makazzar dengan tiket paling mahal sedunia, 1,85juta bo..!! Dalam transit 4 jam di Makazzar aku sempat membuat laporan keuangan tahunan keluarga kecilku selama 2011. Ternyata biaya hidup mengambil 52% dari total pengeluaran. Disusul beli gadget 15%, belanja dan tiket 11%, upacara 6%, pulsa 2%, flash dan liburan di bawah 1%. Sedangkan total investasi yg sudah dilakukan senilai 8% dibandingkan jumlah pengeluaran total. What a great year. Semoga tahun ini bisa memangkas biaya hidup 20% atau lebih.

No comments: