Tuesday, January 03, 2012

Project 366

Untuk merangsang dan membangkitkan kembali "passion of photography" yg melempem, rencananya di tahun 2012 ini saya akan melaksanakan kegiatan hiburan, just for fun, bertajuk "Project 366". Dalam project ini saya akan memotret setiap hari dan menguploadnya di Facebook dan Flickr. Tools yg akan saya gunakan antara lain HP Nokia, BB, Samsung Tab dan tentu saja kamera DSLR. Atau bahkan mungkin juga mesin scan, konon hasil scan termasuk hasil karya fotografi.

Di Facebook saya mengupload di album "366 Photos in 366 Days". Sedangkan di Flickr saya upload begitu saja. Keduanya diberi keterangan mulai dari judul foto, lokasi dan cerita singkat di balik foto. Juga disertai urutan hari, misalnya "Day #4 of 366 Days". Di Flickr diberi kemudahan mengupload foto dengan hanya mengirimkan foto kita ke email tertentu. Subject email akan menjadi judul foto, sedangkan body email akan menjadi keterangan foto. Sedangkan di Facebook dipermudah dgn adanya fasilitas mobile upload dari Facebook for BB. Begitu juga di Nokia dan Tab.

Tantangannya justru ketika kita memotret dengan HP/BB karena kameranya serba otomatis: exposure dan focusnya. Kita harus pintar mensiasati karena kadang exposure yg diperoleh tidak sesuai harapan, juga hindari memotret dalam kondisi low light agar gambar tidak dipenuhi noise. Beberapa HP sebenarnya disediakan fitur exposure compensation, sayang HP saya HP djadoel.

Jika menggunakan DSLR tentu lebih mudah mengatur exposure dan focus. Hanya jika harus bongkar-pasang CF tiap hari saya khawatir akan mempercepat rusak socketnya. Seorang teman berkomentar, seandainya ada alat yg bisa mengkoneksikan DSLR dgn HP sehingga langsung bisa mobile upload tanpa melalui komputer. Saya mikir lebih bagus lagi kalau DSLR menyediakan bluetooth atau sekalian bisa dipasangi SIM Card. Sudah ada belum teknologi begini?

Ketika saya pancing beberapa hari menjelang akhir tahun 2011 melalui status Facebook, beberapa teman mengontak dan saya paparkan gambarannya. Sebenarnya tidak ada aturan khusus. "Just shot and share", that's all! Gampang sekali. Dari beberapa yg sudah mengontak, hingga hari ke-4 ini yg sepertinya bakal follow the game antara lain:
- Jack Ryswandi, Balikpapan
- Henry A Jatmiko, Yogya
- Semmy D Absori, Malaysia
- Alfian, Balikpapan
- Priyo Adi, Samarinda
- Made Sukawedana, Denpasar

Jika ada yg masih berminat tidak ada salahnya walaupun terlambat sedikit. Tujuannya rame-rame agar ada teman yg saling ngingetin dan juga berlomba menghasilkan foto bagus dalam arti yg positif. Idealnya sih 1 hari - 1 foto. Kalaupun tidak bisa follow the "rule" perfectly, barangkali bisa dirapel agar komplit 366 foto :) Karena tujuannya adalah just for fun, jangan malah jadi beban. Hehe...

Sebenarnya ide awalnya hanyalah "shot and share", bisa diambil dari daily life, daily activity atau apa saja yg sekiranya bisa mewakili kita hari itu. Namun ketika ada teman yg menanyakan "temanya apa?" tergelitik juga untuk sekedar membuat tema mingguan atau bulanan. Tapi kembali ke prosedur awal, tidak mengikuti tema pun tak apa-apa.

Berikut adalah sekedar gambaran tema bulanan yg bisa dijadikan semacam panduan. Jika bisa ngikutin syukur, jika tidak bisa syukurin loe..!! Haha...

Januari: Just shot, benar-benar tanpa tema, untuk pemanasan.
Februari: kasih sayang, love, jantung, cinta, couple, pacaran, ciuman, pegang tangan, 2.
Maret: sunyi, sepi, sendiri, tenang, 3, damai, kontemplasi, kesederhanaan, simplicity, slow movement.
April: perempuan, wanita, emansipasi, new kartini, 4, female sign.
Mei: bangkit, pendidikan, 5, buku, librabry, teknologi, internet.
Juni: pancasila, burung garuda, 6.
July: anak-anak, bayi, anak kecil, mainan anak, sayang anak, toko mainan.
Agustus: merdeka, merah putih, indonesia, lomba 17-an, team work, 17, 8.
September: 9.
Oktober: sumpah pemuda, pemuda-pemudi, abg, karang taruda, 10.
November: pahlawan, hero, penolong, save our soul, 11.
Desember: ibu, natal, tahun baru, kembang api, 12.

No comments: