Friday, January 06, 2012

Laporan Keuangan 2011

Sejak awal 2011 saya mempunyai kebiasaan mencatat setiap pengeluaran uang di HP saya. Mulai dari ambil uang di ATM untuk biaya makan bulanan, transfer bayar tiket, beli pulsa, bayar telkomflash hingga belanja dengan kartu kredit atau debet di supermarket. Akhir tahun jadi ketahuan, berapa total pengeluaran selama tahun 2011 ini. Fantastis.

Pada satu kesempatan saya coba memasukkan semua rincian pengeluaran dalam Excel. Kemudian saya kelompokkan menjadi beberapa kategori: flash, bekal, belanja, gadget, liburan, pulsa, tiket, upacara dan terakhir investasi.

Setelah dibuat prosentase, pengeluaran terbesar jatuh pada kategori "bekal" senilai 52%. Saya memasukkan setiap uang yg saya ambil di ATM dlm kategori bekal. Dari kategori bekal ini sebenarnya masih bisa dipecah menjadi beberapa sub kategori lagi, misalnya: bekal untuk Aji Biyang, bekal untuk Pak Ming, sumbangan ke pura, sumbangan ke banjar/kompleks Angga Buana, belanja mainan Nana, belanja buku, dll. Tahun 2012 akan saya coba perbaiki dan lebih rinci.

Lalu urutan kedua ternyata beli gadget mengambil porsi hampir 16%. Tahun 2011 kebetulan saya mengupgrade kamera ke D300s, tukar tambah BB, dan Galaxy Tab. Tahun depan sepertinya tidak ada gadget yg akan dibeli, semoga.

Urutan ketiga dan keempat diduduki kategori "belanja" dan "tiket" 11%. Tiket adalah semua tiket bolak-balik Denpasar-Balikpapan. Sedangkan belanja disini sebenarnya masih di bawah kategori "bekal" karena mencakup pengeluaran bulanan untuk belanja. Bedanya, belanja disini adalah pengeluaran yg dilakukan melalui membayar dgn kartu kredit, debet, transfer via sms banking atau internet banking. Belanja ini termasuk belanja bulanan di supermarket, belanja barang online, dll.

Sedangkan sisanya adalah pengeluaran di bawah 10%. Mulai dari biaya upacara 6%, pulsa hampir 2% dan telkomflash hampir 1/2% saja. Kemajuan dibanding 2010 bahwa saya bisa menyisihkan sedikit dana untuk investasi 8.7%. Rencananya saya alokasikan setidaknya 30%.

Tahun 2012 semoga bisa reduce cost 30% atau lebih. Sepertinya tidak banyak hal yg akan menguras dana, ada beberapa yg agak besar perlu persiapan dana antara lain:
- upacara 3 bulanan Citta
- kanopi Angga Buana
- kitchen set Angga Buana
- kamar pembantu di Angga Buana
- membuat sanggah

No comments: