Wednesday, July 12, 2017

Masalah Membuatmu Belajar

Jangan takut tertimpa masalah karena masalah akan membuatmu belajar dan makin pintar. Saat tertimpa masalah, anggaplah ia guru yang akan mengajarimu sesuatu. Secara tidak sadar kita akan berusaha memecahkan masalah itu dengan belajar, bertanya dll, sehingga setidaknya pengetahuan kita jadi bertambah. Masalah bukanlah masalah, masalah adalah cara pandang kita terhadapnya. Demikian kata John Lennon. 

Jangan lupa pula meminta pendapat/nasehat dari orang yang ahli di bidangnya. Karena ketika kita tidak ahli, maka masalah (seringan apapun) yg sedang menimpa kita akan terasa berat. Minimal kita ceritakan saja masalahnya kepada kawan. Biasanya mereka punya sudut pandang lain atau kadang bisa menghuhungkan ke ahlinya untuk memecahkan masalah itu. 

Kemaren saya tertimpa sedikit masalah. Ketika perjalanan pulang dari Denpasar menuju Pandak, mobil ditubruk dari samping kiri. Pintu dan bodi di atas ban, sedikit penyok. Orang Flores yang baru belajar nyetir mobil, yang bekerja pada sebuah laundry. Sore itu ia mengemudikan mobil menjemput cucian di sebuah hotel.

Saya pun memintanya utk mengganti. Namun ia tak punya uang. Bos-nya pun tak ada urusan. Saya terus memaksa dan akhirnya ia menyerah. Saya diajak ke kantornya. Bosnya setuju membayar ganti rugi setelah saya ke bengkel. 

Tujuh ratus ribu angka yang disepakati namun hanya bayar 500rb dahulu, ia mengaku belum punya uang. Ya sudah yang penting ada uang masuk dulu pikirku. 

Tadi pagi sepulang dari antar sekolah saya survey ke beberapa bengkel. Pertama, bengkel ketok magic di dekat rumah meminta 900rb. Bengkel di Beraban meminta 450rb. Bengkel di Abiantuwung 700rb. 

Jadi, kembali ke tema awal. Saya jadi belajar bernegosiasi harga repair. Pengetahuan saya jadi nambah, setidaknya saya jadi tahu tempat2 ketok magic. Saya juga membuka interaksi dgn orang2 di sekitar saya. Saya juga mendapat pencerahan jika masalah seperti ini sangat umum terjadi, namanya juga di jalan. Banyak yg mengaku sering nabrak dan kasus saya hanyalah kasus kecil.

Pokoknya banyak ilmu yg saya dapatkan dari masalah ini. Jangan lupa, masalah juga membuat kita makin dekat dengan Tuhan. Mungkin Ia sedang mengajari saya agar jadi lebih dekat denganNya. Astungkara. 


No comments: