Thursday, July 06, 2017

Yang Jauh Mendekat, Yang Dekat Menjauh

Dunia kini kian sepi. Karena semua orang sibuk dengan gadgetnya sendiri. Yang jauh terasa dekat. Yang dekat menjadi jauh. Lama-lama mulut kita makin mengecil, jari-jemari kita kian melebar, sudut leher kian membungkuk. 

Akhir 2003 ketika pertama kali ke Attaka berbeda jauh sekali dengan sekarang. Kala itu yang mempunyai handphone masih terhitung jumlahnya. Paling hanya kami para ABG saja yang bawa HP. Karyawan lama apalagi karyawan yang sudah oversek (overseket) alias usia 50 tahun lebih jangan harap mengenal HP waktu itu. 

Jaman itu pula kami masih sering nonton bareng film di rec hall. Setiap on duty kadang kami membawa vcd baru lalu mengumumkan melalui pengeras suara jika malam itu akan dilakukan acara nonton bersama. Rasa kebersamaan pun masih kental. Jadwal senggang dipakai mendengarkan cerita seru dan saru para senior yang punya segudang cerita, terutama cerita cinta. 

Social media pun sudah ada, friendster namanya. Lebih banyak kami jadikan ajang mencari gebetan, meskipun kala itu belum juga dapat gebetan. 

Pelan-pelan suasana kebersamaan itu kian memudar. Harus diakui teknologi makin canggih. Dimulai dengan dibelikannya TV untuk masing-masing kamar, maka acara nonton bersama hanya dilakukan di kamar. Tak ada lagi yang mau datang ke rec hall untuk nonton bersama. 

Kini situasi makin nggilani. Sejak FB makin memasyarakat, dan gadget bagus kian murah harganya, orang2 menjadi makin malas bicara, ngobrol atau pun bercerita di kala senggang. Saat coffee time, saat ngumpul di platform, saat jeda istirahat, saat di kapal, orang2 lebih memilih sibuk dengan gadget masing2. Menunduk, tenggelam dalam dunianya sendiri. Acara nonton bersama pun hilang, tergantikan dengan nonton sendiri film di gadget masing-masing. Cerita2 seru dan saru jaman dulu kini hilang tergantikan dgn diskusi2 grup2 WA yang kian hari kian bertambah jumlahnya. Ceritanya sih masih seru dan saru :)

Tak heran kini jika kita melihat seorang kawan tertawa sendiri sambil memandangi gadgetnya. Sementara kawan lainnya sibuk mengetik chat entah dengan siapa di seberang sana. 

Salam,
Penggemar social media


No comments: