Saturday, December 08, 2018

Memaknai Bencana

Pisau awal ditemukan utk membantu manusia mencari makanan. Kemudian hari pisau disalahgunakan utk merampok, membunuh dll.
Dinamit awalnya ditemukan untuk membantu pemerintah menghancurkan bukit untuk membuka jalan. Tapi kini disalahgunakan sebagai sarana perang antar manusia.

Internet awalnya diciptakan dgn tujuan begitu mulia, agar bisa menghubungkan komputer di seantero dunia, memudahkan bertukar data. Kini kejahatan internet pun kian mengkhawatirkan.
Setiap penemuan ada sisi positif pun negatif. Setiap alat adalah netral, ia menjadi positif atau negatif tergantung makna yang diberikan manusia. 

Peristiwa alampun netral, gunung meletus, gempa bumi netral, ia bisa jadi hal positif atau negatif tergantung cara manusia memaknai. Sebagian orang menganggap musibah sebagai penghancur peradaban. Sebagian lainnya, menganggap musibah sebagai jembatan untuk menyempurnakan pengabdian dan pelayanan.  Misalnya bekerja sebagai relawan untuk korban bencana, bisa juga sebagai jembatan untuk berbagi dengan sesama.

No comments: