Wednesday, September 12, 2012

Fenomena Naik Motor

Kalo jaman saya dulu, mau memasuki tahun 2000, anak SMA "wajib" pake motor sekalian buat nongkrong atawa ngeceng. Meskipun gak penting-penting amat. Jaman tahun 2010-an, anak SMP saya lihat sudah mulai memakai motor ke sekolah. Ada yg memang karena tak ada pilihan lain, karena tak ada angkot, ada juga yg hanya gaya-gayaan. Malah tetangga saya, anak perempuan kelas 2 SMP ngambek dan ngamuk mengancam tak mau sekolah kalo belum dibelikan motor Var*o terbaru. Hebat.

Akhir-akhir ini saya mulai lihat anak-anak SD sudah naik sepeda motor kesana-kemari padahal saat motor berhenti kakinya masih jinjit, belum nyampai tanah. Mereka pakai motor hanya saat main di sekitar rumah dan masih dalam satu desa atau belum keluar ke jalan utama. Entah 5 atau 10 tahun lagi, mungkin parkir sekolah-sekolah SD akan dipenuhi motor matic keluaran terbaru yg entah pada jaman itu nanti pastinya lebih canggih.

Yang parah adalah anak SD/SMP yg naik motor. Mereka masih belum matang. Kepatuhan terhadap aturan berkendara juga asal-asalan. Belok kanan-kiri kadang gak pake sign. Nyelonong sana-sini pokoknya membahayakan. Kalo ia jatuh sendiri sih gak masalah. Tapi kalo karena kelalaiannya kita jadi terlibat itu yg tak kita inginkan.

Entah sampai dimana proteksi pemerintah dalam hal ini. Mungkin Pak Polisi harusnya bekerja sama dengan pihak sekolah. Aturan SIM 17 tahun sepertinya hanya tinggal aturan. Di masyarakat juga seperti bukan hal yg tabu jika anak kecil naik motor kesana-kemari meskipun rada ngebut. Apakah kita akan terlarut pada perkembangan jaman seperti ini? Itu terserah pada diri masing-masing saja.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: