Thursday, May 11, 2017

Perlunya Second Opinion

Pada tanggal 3 April kemaren saya melakukan MCU tahunan di Prodia Denpasar. Ada beberapa finding yang perlu menjadi perhatian:

1. Berat badan yang berlebih. Berat di Prodia ditimbang 88. Naik 13 kg selama saya bekerja 1.5 tahun di WSN. Dengan berat segini BMI saya 33 termasuk obesitas. Untuk mencapai BMI ideal 25 saya perlu menurunkan 22 kg menjadi 66 kg. Namun agar status menurun menjadi overweight, minimal diturunkan 79 kg agar BMI 30. Tanggal 7 Mei kemaren saya konsultasi dengan Nutritionist dan mendapat beberapa rekomendasi. Doakan semoga berhasil. 

2. Ada kristal pada air kencing dan terdapat kandungan kristal. Diduga karena sering mengkonsumsi imunos atau permen kopiko. Harus banyak minum air putih 2 liter per hari. 

3. LDL di atas normal, meskipun kolesterol total masih di bawah 200. 196 adalah angka waspada. Kurangi makan enak dan hindari makanan dengan kolesterol tinggi, termasuk gorengan, seafood hingga jeroan. 

4. Thyroid nodul. Pembengkakan tiroid mendesak trakea dari hasil rontgen. Akhirnya saya operasi tanggal 21 April kemaren, khawatir akan membuat sesak nafas.

5. LVH
Hipertrofi ventrikel kiri atau dalam bahasa inggrisnya Left Ventricular Hyperthropy (LVH) singkatnya merupakan penebalan atau penambahan massa otot atau miokardium dari ventrikel kiri sebuah jantung. Gejala lainnya tidak mendukung karena saya tidak darah tinggi dan tidak ada gejala sesak napas atau nyeri dada. Akhirnya melakukan EKG ulang sekaligus echocardiography (USG) jantung dengan hasil normal. Syukur banget tidak ada apa-apa. Inilah mengapa perlunya 2nd opinion. Karena bisa jadi ada alat yang rusak atau kondisi pemeriksaan yang tidak benar sehingga hasil yg didapat tidak aktual. 

Namun jika kita sering menyalahkan alat ketika hasilnya buruk. Apakah kita tidak perlu waspada jika hasil MCU kita baik-baik saja? Jangan-jangan sebenarnya ada penyakit namun karena alatnya sedang rusak maka hasil tes menyatakan baik-baik saja. Yang lebih penting adalah mewaspadai setiap gejala yang kita rasakan. Kita yang paling tahu setiap perubahan atau sesuatu yang tak enak terjadi pada tubuh kita. Mudah2an kita semua selalu diberikan kesehatan lahir bathin.

No comments: