Sunday, October 19, 2008

Browsing & Chatting via HP

Online internet di warnet, di kantor atau di rumah melalui komputer atau laptop dengan layar lebar tentu sudah biasa. Mau mencoba sensasi browsing atau chatting melalui handphone? Ya, handphone yang layarnya sebesar itu digunakan untuk browsing maupun chatting. Asyik gak? Kalau menurut saya asyik aja.

Jika mau, kita bisa setting terlebih dahulu HP dan simcard agar bisa terkoneksi dengan internet. Sementara ini saya hanya pernah mencoba 3 jenis kartu saja, yaitu Mentari dan Simpati. Kita harus mengaktifkan GPRS simcard terlebih dahulu.
Untuk Mentari tinggal kirim SMS dengan format "GPRS " lalu kirim ke 3000. Setelah itu akan mendapat pesan balasan yang berisi setting GPRS. Buka dan simpan pesan balasan itu dan GPRS di HP kita sudah dapat digunakan.

Untuk Simpati, kita tinggal kirim SMS dengan format "GPRS" saja atau bisa juga "GPRS " kirim ke 6616. No ICCID adalah 16 digit nomor unik yang terletak di belakang simcard. Request akan diproses dalam waktu 48 jam. Namun biasanya saya hanya butuh waktu beberapa menit, saya akan mendapat pesan balasan yang mengartikan GPRS di HP kita sudah diaktifkan. Berarti HP sudah siap digunakan.

Di HP-HP terbaru biasanya sudah terinstall software yang bisa digunakan untuk browsing, seperti Internet Explorer pada PC. Namun untuk browsing saya biasa gunakan Mini Opera, sekarang sudah ada versi 4.1 yang bisa menyimpan cookies alamat. Mini Opera bisa didownload via browser default HP kita di alamat http://operamini.com. Silahkan ikuti prosedur instalasi ketika membuka alamat itu. Ketika Mini Opera sudah terinstall, pada saat itu pula kita bebas membuka alamat web sesuka kita. Tampilannya bisa dipilih tampilan mobile atau tampilan seperti layaknya website yang terlihat di layar PC. Kita bisa juga menyimpan alamat-alamat favorit dalam menu bookmark, sehingga kita tidak usah mengetik alamat lagi ketika hendak menuju ke suatu alamat website.

Sedangkan untuk chatting saya biasa gunakan eBuddy (www.ebuddy.com). Program mini ini mendukung provider chatting mulai dari Yahoo Messenger (YM), MSN Messenger, AIM dan Gtalk. Kita tinggal login seperti layaknya login di komputer. Sehingga aktifitas chatting tidak perlu harus menunggu masuk ke komputer dulu. Di HP sambil tiduran, sambil nongkrong di WC atau bahkan sambil kuliah juga bisa chatting.

Untuk tarif, sementara yang paling murah adalah Satelindo IM3 dan Mentari, hanya Rp 1/KB. Sedangkan untuk Simpati baru saja turun dari tarif Rp 12/KB menjadi Rp 5/KB. Saya tunggu deh kapan Simpati bisa lebih murah daripada Mentari.

Setting-setting di atas baru sebatas GPRS/EDGE saja. Terakhir Satelindo dan Telkomsel sudah meluncurkan layanan 3G bahkan 3.5G dengan kecepatan akses data berlipat-lipat. Namun layanan generasi 3 ke atas ini masih baru bisa dinikmati di area kota-kota besar saja. Sedangkan untuk di pelosok seperti tempat saya tinggal masih harus bersabar menunggu infrastruktur dari provider. Kita tunggu saja.

No comments: