Monday, October 06, 2008

Medical Check Up

MCU alias medical check up adalah pemeriksaan kesehatan lengkap yang biasanya dilakukan secara berkala maupun tidak terjadwal. Salah satu tujuannya adalah mengetahui ada tidaknya penyakit sejak dini. Melalui cek darah, cek urine akan diketahui adanya kelainan yang merupakan gejala-gejala datangnya penyakit, sehingga penyakit-penyakit berbahaya bisa dicegah sejak dini. Misalnya penyakit jantung biasanya diawali dengan adanya kolesterol tinggi dan tekanan darah yang drastis tinggi. Melalui MCU bisa diketahui adanya kandungan kolesterol dalam darah sehingga apa yang harus kita lakukan seperti merubah pola makan dan olahraga yang cukup, bisa dilakukan secara sistematis dan terprogram.

MCU biasanya dilakukan secara medis, dengan peralatan medis dan tentunya mendeteksi penyakit-penyakit medis. Daerah tertentu di Indonesia masih banyak kejadian di luar nalar medis dan seringnya ada penyakit yang tak dapat dideteksi oleh dunia kedokteran. Penyakit-penyakit itu tentu saja berhubungan dengan hal-hal magis dan gaib dan tak semua orang bisa mendeteksinya. Sebenarnya, baik penyakit medis maupun non medis sama-sama memerlukan orang yang ahli untuk menanganinya.

Dalam dunia penyakit non medis juga dikenal gejala/tanda awal orang terkena penyakit/serangan non medis. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau sebaiknya dilakukan juga MCU secara non medis secara berkala guna mencegah hal-hal yang tak tampak yang merasuk lebih jauh ke dalam tubuh kita.

MCU non medis lebih bertujuan kepada mencegah datangnya penyakit-penyakit non medis itu sendiri. Tentunya kepercayaan adalah imunisasinya, modal awal investasi.

Untuk mencegah praktek-praktek penipuan, MCU non medis ini harusnya bisa diorganisir secara profesional, sehingga konsumen pun terlindungi dari praktik non medis yang semata-mata mengejar keuntungan materi. "Organisasi" non medis ini pun seharusnya mempunyai kode etik tersendiri yang harus dipatuhi dan jika ada yang melanggar akan dikenakan sanksi. Sanksi juga lebih kedapa sanksi moral, karena kasus non medis (supranatural) tak tersentuh oleh hukum.

Namun yang lebih utama dalam MCU non medis ini adalah untuk lebih meningkatkan rasa bhakti kita kepadaNya. Juga agar selalu mengamalkan perbuatan yang baik sehingga menghindari timbulnya pertentangan yang mana pertentangan inilah biasanya merupakan cikal bakal penyakit non medis ini.

Semoga semua pikiran positif datang dari segala penjuru.




No comments: